Huruf adalah sebuah tanda cara baca yang apabila dihubungkan huruf demi huruf akan menjadi sebuah suku kata. Huruf 26 huruf, yaitu terdiri dari A, B, C, D, E, F, G, H, I, J, K, L, M, N, O, P, Q, R, S, T, U, V, W, X, Y, Z. Huruf dibedakan menjadi dua yaitu huruf besar dan huruf kecil. Huruf besar berbeda bentuk dengan huruf kecil. Huruf besar digunakan pada awal kalimat, penulisan nama orang atau nama tempat pada sebuah kalimat. Huruf kecil digunakan pada kalimat-kalimat. sebelum mengenal kalimat agar dapat lancar membaca langkah awal yang daharuskan adalah memahami dan menghafalkan huruf-huruf yang ada. jika pemahaman tentang huruf kurang maka kemampuan menguasai kalimat atau membaca kurang.

Abjad adalah sistem penulisan yang menuliskan semua fonem, kecuali vokal. Hampir semua tulisan-tulisan Semitik termasuk abjad, misalkan huruf Fenisia, huruf Arab, huruf Ibrani, dan huruf Syriac.

Dalam penggunaan bahasa Indonesia, namun, istilah Abjad juga bisa merujuk kepada Alfabet..

di bawah ini adalah gambar huruf besar yang dkreasikan dengan warna-warni agar pembelajran lebih menarik peserta didik. apabila peserta didik merasa tertarik dengan media pembelajaran maka proses pembelajaran pun akan berjalan dengan baik. dan secara tidak langsung dapat mengenalkan jenis warna dan merangkai huruf pada warna. pembelajaran yang berlipat bukan??..

Sedangkan di bawah ini adalah gambar dari huruf kecil, karena dari huruf besar berbeda bentuk dengan huruf kecil, dan huruf besar digunakan pada hal-hal tertentu. misalnya penulisan pada awal kalimat, nama seseorang, nama tempat, nama gelar dan lain sebagainya.